Oktober 19, 2011

KELIHAIAN UCAPAN


@ Singkirkan anggapan dan penilaian, seperti yang kita telah lihat adalah salah satu bahaya dari membuat anggapan terhadap maksud seseorang adalah menyebabkan sikap depensif dan salah paham, bahaya lainnya anggapan sendiri begitu menghabiskan tenaga, sehingga kita gagal melihat perasaan sebenarnya yang memotivasi mereka
@ Menyatakan perasaan murni lebih dahulu jangan menyalahkan, seperti :
Salah : kamu tidak menghubungi saya terlebih dahulu seperti yang kamu janjikan, itu adalah kesalahanmu.
Benar : ketika kamu tidak menghubungi aku dahulu, hatiku terluka
@ Sebelum mengatakan apa yang anda rasakan, bernegosiasilah dengan perasaan anda sendiri
@ Bukan kejadian yang membuat diri cemas, tetapi kisah yang anda ceritakan pada diri anda sendiri tentang apa yang terjadilah yang mengubahnya dalam keadaan apapun, perasaan kita mengikuti apa yang kita pikirkan.
Artinya : jalur untuk merubah perasaan kita adalah melalui perubahan pada pikiran kita
@ Pedoman kunci : anda dapat meningkatkan kesempatan untuk memasukkan perasaan anda kedalam percakapan dalam hubungan anda dengan cara yang sehat, berarti dan memuaskan :
* Anda perlu memilah-milah perasaan anda yang sebenarnya
* Anda perlu berunding dengan perasaan anda
*Anda perlu membagikan perasaan anda yang sebenarnya, bukan anggapan atau penilaian tentang orang lain
@ Berbagi cara menangani masalah perasaan anda melalui percakapan nyaris selalu membantu sepanjang anda melakukannya dengan cara yang memiliki tujuan
@ Saya tidak mengatakan bahwa kamu memang bermaksud melukai saya, aku tidak tahu apakah kamu memang tidak bermaksud seperti itu atau tidak. yang lebih penting bagi saya adalah bahwa kamu mengerti apa yang saya rasakan ketika kamu mengkritik saya atau …..di depan rekan-rekan.
@ Dan makin besar jurang antara apa yang kita harapkan benar dan apa yang kita khawatirkan benar,
@ 4 hal yang anda dapat lakukan sebelum dan selama percakapan yang sulit untuk membantu anda menjaga dan meraih kembali keseimbangan anda adalah :
*Jangan berusaha mengontrol reaksi mereka
*Bersiaplah terhadap tabnggapan mereka
*Bayangkan masa depan untuk mendapatkan pandangan kedepan
*Bila anda kehilangan keseimbangan anda berhenti dahulu
@ Terkadang apa yang sulit dari suatu keadaan adalah lebih pada kesulitan tentang diri anda dari pada tentang apa yang terjadi antara anda dengan orang lain
@ Saya tahu ini sangat sulit, saya hanya ingin membantu ketika anda mendapatkan sesuatu yang membuat kegelisahan hatimu, tapi saya hanya tidak tahu banyak mengenai apa yang kamu pikirkan tentang hal itu, apa artinya bagi kamu, apa yang kamu rasakan
@ Pertanyaan terbuka : katakan lebih banyak lagi pada saya dan bantu saya agar dapat memahami anda lebih baik
@ Jika orang berkata pada anda, ’saya bingung karena anda membohongi saya,” anda mungkin akan mengatakan hal-hal sebagai berikut :
*Itu tidak akan terjadi lagi
*Saya harus menjelaskan kalau saya tidak berbohong
*Kelihatannya kamu sedikit melebih-lebihkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.