Desember 29, 2011

SOLUSI HARD DISK MATI


Hard drive gagal adalah suatu kondisi dimana Anda akan memiliki keterbatasan dalam mengoperasi terbatas pada komputer Anda karena sistem kacau dan terlalu panas atau putaran kipas pada hard disk pelan.

Ada beberapa indikasi yang membuktikan hard disk Anda gagal, tapi sangat hati-hati karena kesalahan hard drive juga relatif ke RAM atau Sistem Operasi. Sebuah hard drive yang cacat memiliki indikasi serupa dengan infeksi virus seperti sistem hang-up atau blank dan tiba-tiba restart. Jadi sebelum melakukan prosedur untuk memperbaiki kesalahan hard drive disediakan di sini, memastikan dan memverifikasi bahwa hard drive Anda benar-benar komponen yang gagal. Kesalahan hard drive mekanis tidak sulit untuk mendeteksi, Anda dapat menentukan itu dengan hanya mendengarkan itu. Overheating juga berkontribusi terhadap kegagalan hard drive. Berikut adalah beberapa prosedur diuji mencoba untuk memperbaiki gagal atau rusaknya hard drive.


Harap memperingatkan bahwa pada pengujian kami, hanya kurang dari 30% dari prosedur yang dilakukan terbukti sukses.


Memperbaiki Hard Drive bising

A. Sebelum menyalakan sistem Anda, dengarkan dengan seksama pada hard drive Anda. Hidupkan sistem Anda dan jika Anda mendengar suara nyaring atau kadang-kadang disertai dengan sedikit deritan tajam, kemungkinan hard drive Anda sudah dalam kondisi sangat buruk dan Anda perlu memiliki backup file dan menggantinya. Suara nyaring disebabkan oleh lengan aktuator sedikit ditekuk karena panas. aktivitas putaran hard drive kemudian menyentuh permukaan piring-piring sehingga menghasilkan suara dari gesekan. Untuk "memperbaiki" menekuk lengan aktuator, kita perlu untuk membalikkan efek panas dari proses tersebut.

1. 1. Lepas hard drive Anda dari perangkat komputer. Bungkus hard drive Anda erat dengan koran dan aman dengan isolasi. Kemudian bungkus dengan kantong plastik atau serupa yang akan membatasi kelembaban dapat masuk. Lapisan pembungkus plastik cukup untuk mencegah kelembaban dapat masuk ke dalam hard drive.

2. 2. Atur kulkas Anda ke suhu yang lebih rendah. Taruh hard drive Anda secara vertikal di dalam freezer. Biarkan selama 24 sampai 48 jam. setelah hal itu biarkan hard drive terbuka di udara selama sehari. Harap tidak melepas plastik sebelum hard drive didinginkan dan kelembaban akan masuk dalam kondisi dingin.

3. 3. Setelah mendiamkan hard drive selama sehari, lepas bungkusnya dan masukkan kembali ke perangkat komputer. Jika tidak ada pengurangan yang signifikan pada suara nyaring dan bising, berarti waktunya Anda untuk membeli hard disk baru.


Sistem Stalling atau Terlalu Panas pada HDD

B. Selama pemanasan dapat menyebabkan beberapa komponen gagal. Hard drive terlalu panas dapat menyebabkan sistem membeku atau bahkan kadang-kadang restart otomatis. Bagaimana untuk menentukan apakah hard drive terlalu panas? Cara mengatasi jenis masalah? Berikut adalah cara.

1. 1. Untuk menentukan apakah hard drive terlalu panas, cek saat komputer Anda berada dalam operasi  dengan selembar kertas di atas hard drive Anda. Taruh kertas secara tertutup pada bagian hard drive Anda dengan menekankan punggung telapak tangan Anda. Jika Anda merasakan sensasi terbakar, hard drive anda dalam keadaan overheating.

2. 2. Menghapus atau pengurangan panas dengan mudah dapat dilakukan dengan memasang kipas hard drive. Biayanya sedikit dan bekerja efektif untuk mengurangi panas dari hard drive Anda. Biasa digunakan oleh khusus para gamer dan orang-orang yang bekerja pada grafis dan animasi. Jika hal ini tidak  dapat menghasilkan yang signifikan, maka saatnya membeli HDD baru.


Hard Drive Terkadang tidak dapat Terdeteksi

C. Terminal kotor dan berkarat serta jalur data atau maenboard hard drive dapat menyebabkan masalah seperti hard drive tidak dapat terdeteksi pada kesalahan POST dan drive lain yang tidak biasa terbaca. Hal ini dapat diatasi dengan:

1. 1. Lepaskan maenboard dari komponen, PCB dengan komponen dipegang oleh tiga atau empat sekrup pada maenboard hdd itu. Bersihkan maenboard dengan menggunakan sikat gigi bekas dan pernis tipis. Hal ini akan membersihkan pernis dan juga akumulasi kotoran. . Biarkan maenboard benar-benar kering sebelum dipasang kembali ke hard drive dan mengujinya. Jika tidak bekerja, coba panaskan komponen dengan udara panas atau dengan pengering rambut. Dan kalau lagi tidak bekerja, membeli hard drive baru.


Kesalahan Hard Drive

D. Opsi terakhir yang saya sarankan adalah bagi Anda menemukan maenboard lain persis sama seperti Anda mengalami, ukuran, merek, dan seri. Anda memiliki maenboard tua dan rusak. Apa yang harus Anda lakukan dengan hard drive lain? Inilah yang:

1. 1. Lepas maenboard dari kedua PC. Uji setiap hard drive untuk menentukan yang akan berfungsi. Jika ini masih tidak berhasil, BELI Sebuah hard drive baru :-)



Sumber : sarang tupai Razon

4 komentar:

  1. Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    http://www.ertechcomputer.blogspot.com/
    Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kalo pada saat masuk windows di suruh backup dan lepas harddisk

      Hapus
  2. Seminggu kmrn bunyi krek2. Sy ambil hardisknya sy pasang lagi hari ini. Udh gak bunyi udh gak detek

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.