Februari 10, 2012

Langkah demi langkah Pengaturan Titik Dan Konfigurasi Access pada Device Mikrotik Via Winbox

Access Point adalah tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi terhubung. Alat ini juga dikenal sebagai Kotak Cross. Jika dilihat dari sudut pandang koneksi telepon, Access Point adalah sebuah kotak dimana kabel telepon dari pelanggan telepon yang terhubung. Fungsi Access Point adalah Switch Hub / yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless / nirkabel klien

Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub / Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless / nirkabel klien / tetangga Anda, pada titik koneksi akses internet dari mana Anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, kekuatan sinyal juga mempengaruhi ke daerah tersebut akan tertutup, (ukuran dalam satuan dBm atau mW) lebih tinggi dari kekuatan sinyal sepanjang lingkup yang lebih luas.
Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana pengaturan dan cara mengkonfigurasi Access Point di Mikrotik Via Winbox. Berikut adalah langkah demi langkah untuk mengkonfigurasi Access Point di Mikrotik Menggunakan Aplikasi Winbox.

Masuk ke Perangkat Mikrotik Anda dari Perangkat Mac Address atau alamat Ip Via Aplikasi Winbox, untuk melihat tampilan detail pada gambar di bawah ini:
Pertama kita lihat tab interface dari Winbox menu ... .. .. apapun yang ada dan aktif, biasanya akan muncul interface ether1, ether2, ether3 dan selanjutnya serta interface wlan1, wlan2 dan seterusnya. Pilih interface mana yang Anda gunakan. Kemudian mulai melakukan pengaturan konfigurasi pada Access Point Mikrotik.

Pada bagian ini, Kami menggambarkan hanya 1 (satu) interface yang ether1 eter dan 1 (satu) Interface wlan1. Ether1 adalah jalan yang kita akan terhubung dengan Jaringan Lokal dan wlan1 adalah jalan yang kita akan terhubung dengan jaringan wireless / nirkabel klien kami. Dua interface yang kita gunakan untuk Point pengaturan Akses di Perangkat Mikrotik.
Langkah Selanjutnya setting IP Address
Ip untuk interface ether1 adalah ip untuk menyambungkan ke jaringan local, dan ip untuk interface wlan1 adalah untuk menghubungkan ke jaringan wireless/wireless clients. Ip untuk interface ether1 adalah ip untuk menyambungkan Ke Jaringan lokal, Dan ip untuk interface wlan1 adalah untuk menghubungkan Ke Jaringan nirkabel / klien nirkabel. Sebagai contoh setting ip pada kedua interface tersebut adalah sebagai berikut: Sebagai contoh pengaturan ip pada kedua interface tersebut adalah sebagai berikut:

Langkah selanjutnya adalah Setting IP Address
Ip untuk interface ether1 adalah untuk menghubungkan dengan jaringan lokal, dan IP untuk interface wlan1 adalah ip untuk terhubung dengan jaringan wireless / klien nirkabel. Misalnya dalam pengaturan interface ip kedua adalah sebagai berikut:

Menu Winbox:
IP…Address…Add
Ip for interface ether1: 10.xx.xx.xx/27
Ip for interface wlan1: 10.xx.xx.xx/3
Langkah selanjutnya ditetapkan Gateway yang akan kita gunakan 
Menu Winbox:
IP--------Routes----Add
Untuk Ip Gateway Contoh: 114.xx.xx.xx
Menambahkan Bridge, itu adalah cara untuk memperpanjang atau menghubungkan dua atau lebih (beberapa), ethernet / segmen jaringan
Menu Winbox:
Bridge…..Bridges…add
Menambah dan mengatur Eoip Tunnel, yaitu komponen yang dapat berfungsi dalam Bridge transparan ke jaringan remote.
Menu Winbox:
Interface……Add….Eoip Tunnel
Untuk detail lihat gambar di bawah ini:
Mengatur Port Bridge
Port yang akan di Bridge sehingga dapat dihubungkan dengan jaringan lokal dan jaringan nirkabel / wireless client yang Eoip Tunnel dan ether1.

Menu Winbox:
Bridge…..Ports….Add…
Lihat gambar untuk detail
Setting dan konfigurasi Titik Akses pada perangkat Mikrotik telah selesai dan siap untuk dihubungkan dengan Jaringan Wireless / klien Wireless.
Buka Winbox dan melihat tab menu pada Wireless, memungkinkan interface wlan1 jika antarmuka ini tidak diaktifkan. Double klik pada interface wlan1 dan pengaturannya, dan menghubungkannya dengan jaringan nirkabel Anda / klien nirkabel yang telah Anda siapkan. Lihat gambar bawah:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.